Pendiri Studio Ufotable Didenda Karena Menghindari Pajak Sebesar 139 Juta Yen - Kuma Mori
News Update
Loading...

Kamis, 04 Juni 2020

Pendiri Studio Ufotable Didenda Karena Menghindari Pajak Sebesar 139 Juta Yen


Dalam surat kabar Mainichi Shimbun melaporkan, bahwa pada hari Rabu Kantor Kejaksaan Umum Tokyo telah mendakwa studio anime sekaligus pendiri, direktur perwakilan, dan presiden Hikaru Kondo. Ia didakwa karena telah melanggar Undang-Undang Pajak Perusahaan dan Undang-Undang Pajak Konsumsi dengan gagal membayar pajak sebesar 139 juta yen (sekitar Rp. 18 M).

Mainichi Shimbun mengutip sebuah sumber penyelidikan yang melaporkan bahwa Kondo konon menyembunyikan sekitar 30% dari hasil pendapatan beberapa restoran bertema anime ufotable di Tokyo dan menyimpannya di brankas pribadi di rumah. Pengurangan pendapatan itu kemudian diduga diubah pada buku besar perusahaan untuk tahun 2015, 2017, dan 2018, total yang disembunyikan 446 juta yen (sekitar Rp. 58 M). Jumlah total utang dalam pajak diduga 110 juta yen (Rp. 14,3 M) dalam pajak perusahaan, dan 29 juta yen (sekitar Rp 3,77 M) dalam pajak konsumsi. Menurut sumber surat kabar itu, ufotable dan Kondo diduga menggunakan uang pajak yang belum dibayar untuk mendanai bisnis perusahaan.

Seorang pengacara yang mewakili Kondo meminta maaf kepada para penggemar dan orang-orang yang terlibat atas namanya, dan menyatakan bahwa Kondo sudah mengajukan pengembalian pajak yang diperbaiki dan membayar jumlah yang sesuai.

Majalah Digital mingguan Bungeishunju, Bunshun melaporkan pada bulan April 2019 bahwa diduga berutang 400 juta yen (sekitar Rp. 52 M) dalam bentuk pajak, mengutip sumber dari Biro Perpajakan Regional Tokyo. Laporan tersebut mencatat bahwa ufotable diduga diduga menyelewengkan dana yang dikumpulkan dari lelang amal untuk gempa bumi Tohoku 2011, pelanggaran KUHP yang membawa hukuman penjara potensial tidak lebih dari 10 tahun. Biro Perpajakan Regional Tokyo melakukan pencarian kantor ufotable pada awal Maret tahun itu sebagai bagian dari penyelidikan, tetapi tidak berakhir dengan mengajukan tuntutan.

Kondo akhirnya mengundurkan diri dari perannya sebagai ketua komite eksekutif untuk Machi Asobi, acara Tokushima di mana ufotable dulunya merupakan penyelenggara utama, pada Mei 2019.

Kondo mendirikan ufotable pada tahun 2000, dan studio ini mungkin terkenal karena anime televisi Kimetsu no Yaiba, serta berbagai adaptasi anime dari franchise Fate oleh Type-Moon, termasuk Fate/Zero dan Fate/stay night: Unlimited Blade Works. Studio saat ini memproduksi Fate/stay night: Heaven's Feel film trilogi anime, film ketiga dan terakhir yang telah ditunda dalam pembukaannya karena teater ditutup karena pandemi penyakit coronavirus (COVID-19). Studio ini juga membuat adaptasi anime dari The Garden of Sinners dari Type-Moon, dan anime televisi Katsugeki: Touken Ranbu.

Selain itu, perusahaan menjual merchandise dan berbagai barang untuk anime yang telah diproduksi, dan menjalankan sejumlah kafe di mana ia menjual beberapa barang dagangannya.

Sumber: Mainichi Shimbun via ANN


Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This feature will available soon so stay tune on our website!!
Done